Ngapain jadi relawan? Membosankan!?

By
Advertisement
Ikuti perjalanan seorang Pemudi Banyuwangi dalam usahanya membuat perubahan untuk Indonesia yang lebih baik. —————————————————— Oleh: Puteri Permata Dewi, Relawan Muda LCF 

 

Untuk menjadi pemuda yang produktif , ternyata tidak cukup hanya menjadikanmu kutu buku yang hanya belajar terus di kelas. Hidup ini terlalu rumit apabila hanya berkutat pada belajar, belajar, dan belajar kamu juga perlu membentuk kepribadian dengan bersosialisasi. Belajar bukan hanya masalah tempat atau masalah nilai yang ada di kampus, sekolah, atau tempat bimbingan. Bersosialisasi dengan orang lain juga merupakan belajar. Salah satu contoh bersosialisasi adalah mencoba menjadi volunteer, artinya kamu bekerja dengan suka rela tanpa mengharapkan imbalan.

Dari sini kamu bisa menemukan nilai positif yang bisa di dapatkan dari kegiatan ini : 1. Kamu bisa memperluas pergaulanmu karena kamu nantinya akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki perbedaan sifat,pikiran, dan pendapat yang itu semua tidak kamu temukan dalam dunia sekolah, kampus, dan tempat les. Meski kenyataannya dalam dunia sekolah awalnya kita dipertemukan oleh orang yang berbeda-beda tetapi relasi tetap berlanjut dan perkenalan juga harus berlangsung.

 2. Dengan menjadi volunteer kita bisa melihat prespektif baru yang sebelumnya kita belum tau. Ketika kamu menjadi volunteer untuk suatu acara kamu bakal tau bagaimana sesuatu yang kamu liat sangat sempurna ternyata ketika kamu melihat langsung kamu merasakan terkejut misalnya seperti lingkungan kita atau tempat-tempat wisata yang di post di dalam sosial media tempat itu terkesan bagus, indah, sejuk dan waktu kamu melihat keadaanya langsung dengan mata kepalamu kamu merasakan tempat ini tidak sesuai dengan apa yang kamu liat di dalam media sosial.

3. Dengan menjadi volunteer kamu akan mengenali dirimu dan llingkungan, serta dengan menjadi volunteer kamu dapat memperkuat mental dan mengurangi stress dan membuat kamu lebih bahagia. Ulasan diatas adalah alasan Play Store saya mengapa saya ingin menjadi volunteer terutama dalam kegiatan LCF karena menurut saya dengan saya menjadi volunteer saya dapat belajar mengubah lingkungan maksud dalam konteks ini saya dapat mengurangi dampak pemanasan global.

Awalnya saya kira mengikuti camp ke-2 di Bedugul sangat membosankan tetapi setelah saya berada disana saya merasakan bahwa saya terlalu egois kepada lingkungan saya seperti contoh saya selalu menggunakan plastik bag, menggunakan kendaraan bermotor padahal jarak tempu saya tidak terlalu jauh, dan kurang sadarnya dalam membuang sampah tetapi setelah saya mengikuti kegiatan ini saya merasakan sedikit terbuka dan mulai untuk mengubah lingkungan sekitar saya lebih baik.

Dari camp ini juga saya mendapat pembelajaran NGO-NGO hebat bahwa ternyata kehidupan zaman dulu lebih asri dari pada jaman sekarang. Itulah mengapa saya ingin ikut dan bergabung dalam kegiatan LCF karena saya tau lingkungan itu membutuhkan tangan-tangan penerus untuk perubahn iklim ke arah yang lebih baik. —————————————-

Puteri saat ini merupakan salah satu volunteer (intern) aktif di LCF. Ingin menjadi seperti Puteri? Kirimkan CV dan motivation letter (dengan menjawab: kenapa kamu ingin bergabung dengan LCF? Apa yang ingin kamu kontribusikan? Dan apa yang kamu harapkan dari LCF untuk menunjang personal development kalian?). Kirim 2 dokumen tadi ke LittleCircleFoundation(at)gmail(dot)com ya. Kami tunggu!

0 comments:

Post a Comment